Selasa, 03 Desember 2013

Shalat Qashar Dan Jama'

Kajian Fiqih;

SHALAT QASHAR DAN JAMA’



  1. SHALAT QASHAR

Shalat qashar adalah shalat yang diringkas jumlah rakaatnya, yaitu meringkas dari empat menjadi dua rakaat. Yang boleh diqashar hanyalah shalat Dzuhur, Ashar dan Isya, sedangkan Shubuh dan Maghrib tidak boleh diqashar.

Landasan Hukum Mengqashar Shalat

Allah SWT berfirman

واذاضربتم فىالارض فليس عليكم جناح ان تقصروامن الصلوة....

“Dan apabila kamu mengadakan perjalanan, maka tidak ada dosa atas kamu untuk mengqashar shalat...” (QS. An- Nisa: 101)

Nabi SAW bersabda:
كان النبي ص م اذاخرج مسيراثلاثة اميال او فراسخ يصلى ركعتين
 “Adalah Nabi SAW apabila pergi tiga mil atau satu farsyakh,ia shalat dua rakaat” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, Al- Baihaqi dari Yahya ibnu Yazid)

Sebab Yang Membolehkan Shalat Qashar
1.      Karena Dalam perjalanan
Yaitu perjalanan yang bukan ma’siat. Jaraknya tiga mil atau satu farsyakh. (Satu mil = 1.847 m, satu farsyakh= 5.541 m). Menurut Imam Syafi’i jauhnya perjalanan dua marhalah, yaitu kira- kira berjalan kaki sehari semalam, atau lk. 80,05 Km.
2.      Karena berada di Arafah dan Muzdalifah saat menunaikan ibdah haji. Hukumnya sunnah karena Rasulullah SAW melakukannya.

Hukum Mengqashar Shalat
1.      Wajib: Menurut Madzhab Hanafiyah yang merujuk kepada pendapat Umar, Ali, Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Ibnu Umar dan Jabir.
2.      Sunnah Muakkadah: Menurut golongan Malikiyah
3.      Boleh (tapi lebih baik mengqashar): Menurut Madzhab Hambaliyah dan Syafi’iyah

Niat Shalat Qashar
اصلي فرض الظهر (العصر/ العشاء) ركعتين قصرالله تعالى
“Ushalli fardha-dzuhri (‘Ashri/ Isyai) rok’ataini qoshron lillahi ta’ala”

B.     SHALAT JAMA’

Shalat jama’ yaitu mengumpulkan dua shalat dilaksanakan dalam satu waktu, yaitu shalat Dzuhur dengan Ashar dan Maghrib dengan Isya. Sedangkan shalat Shubuh tidak boleh dijama’

Landasan Hukum Menjama’ Shalat
Nabi SAW bersabda
صليت مع رسول الله ص م بالمدينة ثمانياجمعاوسبعاجمعااخرالظهر وعجل العصرواخرالمغرب وعجل العشاء
“Saya (Ibnu Abbas) pernah shalat bersama Rasulullah SAW di Madinah delapan raka’at (Dzuhur dan Ashar) dijama’ dan tujuh raka’at (Maghrib dan Isya) dijama’, dengan mengakhirkan Dzuhur dan memajukan Ashar serta mengakhirkan Maghrib dan memajukan Isya.” (HR. An- Nasa’i dari Ibnu Abbas)

Macam- macam Shalat Jama’
1.      Jama’ Taqdim, yaitu melaksanakan Shalat Dzuhur dan Ashar pada waktu Dzuhur atau melaksanakan shalat Maghrib dan Isya pada waktu Maghrib.
2.      Jama’ Ta’khir, yaitu melaksanakan shalat Dzuhur dan Ashar pada waktu Ashar atau melaksanakan shalat Maghrib dan Isya pada waktu Isya.

Sebab Yang Membolehkan Shalat Jama’
1.      Karena dalam perjalanan. Ketentuannya seperti shalat qashar
2.      Karena berada di Arafah dan Muzdalifah saat menunaikan ibadah haji.
3.      Karena Hujan.
Keringanan ini tertentu, yaitu bagi orang yang shalat berjama’ah di masjid yang datang dari jauh yang dapat menyebabkan kesukaran di perjalanan menuju masjid. Orang yang shalat di rumah atau menggunakan payung, mantel dsb tidak boleh menjama’
4.      Karena sakit
Sakit yang membolehkan jama’ adalah apabila benar- benar mendapatkan kesukaran dan kelemahan bagi si sakit.
5.      Karena hajat
Hajat di sini adalah keperluan yang sangat penting, asalkan tidak menjadi adat atau kebiasaan.
Diriwayatkan oleh Muslim dari Abdullah ibnu Syaqieq, katanya: “Ibnu Abbas berpidato pada suatu hari sesudah Ashar sehingga terbenam matahari dan keluar bintang. Lalu para hadirin berkata: Shalat...Shalat...Shalat... Ibnu Abbas lalu berkata: Apakah kalian mengajarkan sunnah kepadaku ? Saya lihat Rasulullah SAW menjama’kan Dzuhur dan Ashar dan Maghrib dengan Isya. Kata Abdullah ibnu Syaqieq: Perbuatan Ibnu Abbas itu sungguh tidak menyenangkan hati, lalu ia bertanya kepada Abi Hurairah , dan Abi Hurairah menjawab: Apa yang dilakukan Ibnu Abbas adalah benar.”

Niat shalat Jama’
1.      Jama taqdim Dzuhur dan Ashar
(dilaksanakan pada waktu Dzuhur)
a. Shalat Dzuhur terlebih dahulu
اصلى فرض الظهراربع ركعات جمع تقديم لله تعالى
“Ushalli fardha-dzuhri arba’a roka’atin jam’a taqdimin lillahi ta’ala”
b. Setelah selesai shalat Dzuhur langsung  qamat dan melaksanakan shalat Ashar:

اصلى فرض العصراربع ركعات جمع تقديم لله تعالى
“Ushalli fardhal ‘ashri arba’a roka’atin jam’a taqdimin lillahi ta’ala”
2.      Jama taqdim Maghrib dan Isya
(dilaksanakan pada waktu Maghrib)
a. Shalat Maghrib terlebih dahulu
اصلىفرض المغرب ثلاث ركعات جمع تقديم لله تعالى
“Ushalli fardhzl maghribi tsalasa roka’atin jam’a taqdimin lillahi ta’ala”
b. Setelah selesai shalat Maghrib  langsung  qamat dan melaksanakan shalat Isya:
اصلى فرض العشاءاربع ركعات جمع تقديم لله تعالى
“Ushalli fardhal isya’i arba’a rokaatin jam’a taqdimin lillahi ta’ala

3.      Jama ta’khir Dzuhur dan Ashar
(dilaksanakan pada waktu Ashar)
a. Shalat Dzuhur terlebih dahulu
اصلى فرض الظهراربع ركعات جمع تأخيرلله تعالى
“Ushalli fardha-dzuhri arba’a rokaatin jam’ ta’khirin lillahi ta’ala
b. Setelah selesai shalat Dzuhur langsung  qamat dan melaksanakan shalat Ashar:
اصلى فرض العصراربع ركعات جمع تأخيرلله تعالى
Ushalli fardhal ‘ashri arba’a rokaatin jam’a ta’khirin lillahi ta’ala
4.      Jama ta’khir Maghrib dan Isya
(dilaksanakan pada waktu Isya)
a. Shalat Maghrib terlebih dahulu
اصلى فرض المغرب ثلاث ركعات جمع تأخيرلله تعالى
“Ushalli fardhal maghribi tsalasa roka’atin jam’a ta’khirin lillahi ta’ala”
b. Setelah selesai shalat Maghrib langsung  qamat dan melaksanakan shalat Isya:
اصلى فرض العشاءاربع ركعات جمع تأخيرلله تعالى
“Ushalli fardhal isyai arba’a roka’atin jam’a ta’khirin lillahi ta’ala”

C.    SHALAT QASHAR -JAMA’

Yang dimaksud shalat qashar-jama’ adalah melaksanakan shalat dengan diqashar sambil dijama’ sekaligus. Ketentuannya sebagaimana shalat qashar dan jama’ di atas.

 Niat shalat qashar – jama’
1.      Jama taqdim-qashar shalat Dzuhur dan Ashar (dilaksanakan pada waktu Dzuhur)
a. Shalat Dzuhur terlebih dahulu
اصلى فرض الظهرركعتين جمع تقديم قصرا لله تعالى
“Ushalli fardha dzuhri rok’ataini jam’a taqdimi qoshron lillahi ta’ala”
b. Setelah selesai shalat Dzuhur langsung  qamat dan melaksanakan shalat Ashar:
اصلى فرض العصرركعتين جمع تقديم قصرا لله تعالى
 “Ushalli fardhal ashri  rok’ataini jam’a taqdimi qoshron lillahi ta’ala”
2.      Jama taqdim-qashar shalat Maghrib dan Isya (dilaksanakan pada waktu Maghrib)
a. Shalat Maghrib terlebih dahulu
اصلى فرض المغرب ثلاث ركعات جمع تقديم لله تعالى
“Ushalli fardhal maghribi tsalasa roka’atin jam’a taqdimin lillahi ta’ala”
b. Setelah selesai shalat Maghrib  langsung  qamat dan melaksanakan shalat Isya:
اصلى فرض العشاءركعتين جمع تقديم قصرا لله تعالى
“Ushalli fardhal ‘isyai rok’ataini jam’a taqdimin qoshron lillahi ta’ala”

3.      Untuk jama ta’khir -qashar niatnya sebagaimana di atas, tinggal mengubah kata: “Jam’a taqdimin” menjadi “Jam’a ta’khirin”

Drs. H. Djedjen Zainuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar